October 15, 2014

Triks Membuat Grafik Fungsi Sinus dengan Lingkaran Satuan

Menggambar grafik fungsi sinus menggunakan GeoGebra sangatlah mudah, cukup dengan membuat fungsi dari yang diinginkan maka grafik langsung terbentuk. Namun untuk hal-hal tertentu cara seperti ini sulit digunakan untuk menjelaskan kenapa bentuk dari grafik fungsi sinus berbentuk seperti tayangan pada hasil input fungsi tersebut. Penjelasan secara manual ternyata masih diperlukan untuk memahami kenapa grafik fungsi sinus berbentuk demikian.

Penjelasan manual ini juga dapat dibuat dengan GeoGebra dengan mudah. Untuk menjelaskan tentang bentuk grafik fungsi sinus salah satunya dapat menggunakan lingkaran satuan. Maka untuk pertama kali harus disiapkan sebuah lingkaran satuan yang didalamnya sudah dikontruksikan sebuah segitiga siku-siku seperti berikut ini;
Gbr. 1. Lingkaran Satuan dengan Segitiga Siku-Siku dan Busur Lingkaran

Pada Gambar 1 tersebut terlihat bahwa:
$\sin {\alpha} =\frac{\overline{ DE}}{\overline{AD}}$
$\sin {\alpha} =\frac{\overline{DE}}{1}$
$ \overline{DE}=\sin {\alpha}$

Selanjutnya dibuatlah sebuah titik baru yang mempunyai keterkaitan dengan gambar di lingkaran satuan tersebut. Titik tersebut misalnya titik F, dengan sintaks F=(f,y(D)) dimasukkan langsung di menu input. Selanjutnya untuk melihat hasil grafik fungsi sinus yang diperoleh dari lingkaran satuan tersebut, maka trace on pada titik F tersebut diaktifkan, kemudian titik D digerakkan (didrag) berlawanan arah jarum jam dikeliling lingkaran tersebut. Dari kegitan ini terbentuklah sketsa grafik fungsi sinus.
Gbr. 2. Grafik Fungsi sinus dari Lingkaran Satuan
Demikian turorial ini, selanjutnya para pembaca dapat mencoba membuat manual dari grafik fungsi trigonometri yang lain dengan menggunakan GeoGebra dengan terlebih dahulu menyaksikan video berikut. Selamat mencoba!!!





0 comments:

Post a Comment