November 3, 2014

Sistem Persamaan Non Linear

Sebuah sistem persamaan yang salah satu persamaannya tidak memuat bentuk linear disebut sebagai sistem persamaan non linear. Pada pembelajaran Matematika di SMA salah satu sitem yang dipelajari adalah sistem persamaan linear dan kuadrat. Penyelesaian sistem persamaan ini menggunakan 2 cara, yaitu pendekatatan grafik dan cara substitusi.

Tekhnik grafik digunakan untuk mencari penyelesaian yang merupakan titik potong antara parabola dan garis. Parabola dibentuk dari persamaan parbola (kuadrat) dan garis dibentuk dari persamaan garis (linear). Cara ini efektif digunakan untuk sistem persamaan yang mempunyai penyelesaian sederhana. Pengertian sederhana terbatas pada penyelesaian dengan titik potong yang mudah dijangkau dengan pengamatan. Untuk sistem persamaan dengan penyelesaian berupa titik potong yang sulit diamati digunakan tekhnik subtsitusi.


Sebenarnya penyelesaian dengan tekhnik gambar masih dapat digunakan untuk penyelesaian dengan titik potong yang sulit diamati jika menggunakan alat bantu. Alat bantu yang dapat digunakan salah satunya adalah menggunakan software GeoGebra. Dengan GeoGebra menggambar dapat dilakukan dengan mudah dan sekaligus mencari titik potongnyapun mudah.

Namun penggunaan GeoGebra untuk penyelesaian sistem persamaan non linear pada pembelajaran matematika di jenjang SMA hanya merupakan pendukung yang digunakan untuk memahami penyelesaian sistem persamaan non linear tersebut. Kemampuan yang diutamakan masih mengutamakan kemampuan aljabar dalam penyelesaian masalah. Jadi lebih terfokus pada penyelesaian substitusi.

Namun demikian GeoGebra tetap dapat digunakan sebagai pendukung kegiatan pembelajaran sehingga dengan mudah memberikan ilustrasi tentang penyelesaian sistem persamaan non linear ini. Dengan bantuan GeoGebra dengan mudah mendesaian pada kondisi bagaimana tidak mempunyai titik potong, mempunyai satu titik potong serta mempunyai dua titik potong. Ilustrasi sederhana dapat dilihat pada gambar berikut.

 Agar ilustrasi dapat menarik, maka dapat dibuatkan iustrasi interkatif. Untuk pembuatan ilustrasi interaktif ini akan dituangkan dalam tulisan yang akan datang. Selamat menggunakan GeoGebra pada pembelajaran ini.

0 comments:

Post a Comment