December 10, 2014

Membuat Animasi GIF Jaring-Jaring Kubus

Situs wikipedia menuliskan bahwa Graphics Interchange Format (GIF) merupakan format grafis yang paling sering digunakan untuk keperluan desain website. GIF memiliki kombinasi warna lebih sedikit dibanding JPEG, namun mampu menyimpan grafis dengan latar belakang (background) transparan ataupun dalam bentuk animasi sederhana. Sebagai contoh sederhana, dibawah ini adalah gambar dengan format GIF yang dapat bergerak ketika dibuka dengan browser.
Selain digunakan untuk keperluan desain website, format GIF saat ini biasanya digunakan juga  dalam slide power point sebagai animasi bergerak, sehingga tampilan slide menjadi lebih hidup.

Untuk membuat animasi bergerak dengan format GIF dapat digunakan beberapa software grafis yang ada saat ini, misalnya macromedia dan photoshop. Selain itu banyak pilihan software lain yang dapat digunakan, salah satunya adalah GeoGebra. GeoGebra merupakan software untuk matematika sehingga bagi pengguna yang ingin mendesain gambar bergerak yang berhubungan dengan matematika dapat memanfaatkan software.


Untuk membuat gambar bergerak dengan GeoGebra, maka yang perlu disiapkan adalah slider. Slider ini berfungsi sebagai acuan gambar dalam beranimasinya. Sehingga gambar yang tidak dikonstruksi dengan slider maka gambar tersebut tidak dapat dikonversi ke format GIF.

Sebagai bahan untuk belajar, kita dapat menyaksikan tutorial bagaimana cara membuat animasi gif pada jaring-jaring kubus seperti tampilan di atas. Video tutorialnya dapat disaksikan berikut ini:

2 comments:

  1. terimakasih sangat membantu,hanya kami belum jelas karena video tutorial tampak kecil

    ReplyDelete