January 16, 2015

Membuat Simulasi Bilangan Pecahan (2)

Pada tulisan terdahulu kita sudah berlatih membuat simulasi pecahan dalam bentuk gambar (baca tulisannya di sini ). Tulisan kali ini melanjutkan pembahasan tentang pembuatan simulasi pecahan dalam bentuk pecahan senilai. Misalnya akan ditunjukkan bahwa  $\frac {3}{7}$ senilai dengan $\frac {6}{14}$
Langkah-langkah yang dilakukan adalah:
  1. Siapkan lembar GeoGebra
  2. Ketikkan "Polygon[(0, 0), (5, 0), (5, 2), (0, 2)]" pada menu input untuk membuat sebuah poligon. Modifikasi poligon tersebut dengan mengatur warna pada black dan opocity 0.
  3. Ketikkan D=5, N=3 dan S=5/D.
  4. Ketikkan " Sequence[Polygon[(i, 0), (i + S, 0), (i + S, 2), (i, 2)], i, 0, S (N - 1), S]". Modifikasi object ini dengan warna blue dan opocity 25.
  5. Untuk membuat media ini interaktif, maka diperlukan slider, sehingga buatlah slider dengan nama v yang mempunyai nilai minimum 1 dan maksimum 10 serta tingkat perubahannya (increement) 1.
  6. Untuk membuat bentuk pecahan senilai, maka ketikkan di menu input "N*v" dan "D*v".
  7. Pada menu input ketikkan "Sequence[Polygon[(i, 0), (i + S / v, 0), (i + S / v, 2), (i, 2)], i, 0, Max[S (N - 1 / v), 5 - S / v], S / v]". Lakukan modifikasi object ini dengan mengatur warna pada black dan opocity 0.
  8. Untuk menguji rumus-rumus tersebut berhasil, gerakkan slider-nya, jika berhasil maka dalam poligon yang dibuat akan terbagi menurut hasil slidernya.
  9. Selanjutnya buat sebuah teks dengan nama Pecahan = -------.
  10. Kemudian buatlah input box dan hubungkan dengan "N" sebagai pembilang, dan letakkan di atas garis pada pecahan. Edit input box ini, pada style isikan angka 5, kemudian jangan lupa ceklistlah fix object dan hilangkan cek list show label.
  11. Lakukan hal yang sama pada langkah 10 untuk membuat penyebutnya dengan menghubungkan "D".
  12. Untuk membuat teks yang dapat terhubung dengan bentuk yang ekiuvalen dengan pecahan yang dibuat, maka buatlah teks yang berisi "Ekuivalen dengan $\frac{ }{ }$. Pada tanda {} hubungkan dengan nilai yang diperoleh pada langkah 6 sehingga terbentuklah pecahan yang senilai. (jangan lupa cek list latex-nya)
  13. Lakukan editing selanjutnya agar tampilan-nya dapat menarik untuk dilihat sesusai dengan selera masing-masing.
  14. Jika langkah-langkah tersebut sudah sesuai, dengan cara menggerakkan slider "v"  kita dapat mengamati perubahan nilai ekuivalen dari sebuah pecahan.
Selamat mencoba.
Referensi:
BUILDING DYNAMIC FRACTION BAR MODELS WITH GEOGEBRA by Thomas Cooper (http://www.geogebrajournal.com/index.php/ggbj/article/viewFile/54/50)
File GeoGebra: Simulasi Pecahan (2)

0 comments:

Post a Comment