Menyisipkan Lembar GeoGebra ke Blog


Pembelajaran online di Indonesia saat ini tengah berkembang, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya situs pembelajaran online yang menawarkan pembelajarannya baik semi online maupun  full online. Melalui sebuah blog, kita juga dapat membuat sebuah  materi pembelajaran yang menarik sehingga dapat kita tawarkan kepada pengguna lain.

Bagi Anda yang ingin membuat konten pembelajaran matematika di sebuah blog, dapat memanfaatkan GeoGebra sebagai alat untuk menjelaskan konsep yang dituangkan dalam blog tersebut. GeoGebra dengan berbagai fiturnya, memang sangat menarik untuk digunakan. Fitur interaktifnya dapat dinikmati oleh siapa saja. Dengan fitur interaktif ini, sangat memungkinkan materi pembelajaran yang dibuat di sebuah blog ini dapat diakses orang lain secara interaktif juga,  tanpa  harus khawatir konsep tersebut salah.

Lalu bagaimana kita dapat menyisipkan lembar GeoGebra ke dalam tulisan yang kita buat di blog? Yang harus disiapkan terlebih dahulu adalah sebuah file Geogebra yang sudah dibuat untuk melengkapi tulisan tersebut. File tersebut  upload-lah ke laman http://tube.geogebra.org/, ikuti prosedur upload file yang digunakan, sehingga file tersebut dapat ter-upload

Jika file sudah sukses ter-upload, akseslah file tersebut dan lihatlah icon disebelah kanan atas dan kliklah icon kotak-kotak sehingga muncul beberapa pilihan., dan pilihlah tombol share.


Kliklah tulisan Embed, maka akan tampil konfigurasi seperti gambar berikut:

Sesuaikan dengan spesifikasi blog Anda dengan klik tombol Show more,  kemudian kliklah Copy to Clipboard.


Pada laman blog Anda, pilih konfigurasi untuk meyisipkan kode HTML yang sudah di-copy tadi, jika Anda menggunakan blogspot aktifkan menu HTML di sebelah kiri atas.


Untuk menyisipkan, gunakan konfigurasi keyboard Ctrl V (paste). Lembar GeoGebra telah sukses disisipkan dalam tulisan di blog kita.

Contohnya dapat dilihat seperti berikut:
Sumber file: http://tube.geogebra.org/material/simple/id/1077537
 
Selamat mencoba, semoga kesuksesan menyertai kita.

UPDATE

Saat ini, tempat untuk mengunggah file geogebra  berada di laman profile akun geogebra (wajib mempunyai akun) atau di laman https://www.geogebra.org/materials/yours. Selain itu saat kita menggunakan aplikasi geogebra dan komputer terkoneksi dengan internet, penyimpanan file geogebra akan langsung tersimpan di cloud-nya geogebra.

File-file GeoGebra saat ini dapat diakses di laman https://www.geogebra.org/materials, yang sebelumnya berada pada laman http://tube.geogebra.org.

Selamat belajar....!!!

Ikhsanudin

Guru Matematika yang tertarik untuk ngeblog. Bidang Keahlian: Geometri dan Tekhnologi

8 Komentar

  1. membingungkan gan....
    masih kurang mengerti liat gambar nya gan....
    maklum gan otak ane agak lelet....... :)

    BalasHapus
  2. Menyisipkan kode html dalam blogspot itu dimana ya min?
    Di template blogger atau di postingan?

    BalasHapus
  3. Min, kalau gak ada blog, masih bisa kah me up-load di //tube.geogebra.org/ ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan, untuk saat ini ketika kita simpan file, file tsb akan langsung tersimpan secara online di cloud-nya geogebra

      Hapus
  4. hallo min kalau postingan ini kan artikel sama html teratur tuh abis artikel baru html geogebra. itu caranya gimana min? biar bisa buat html geogebra di artikel kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikuti langkah-langkah yang sudah dituliskan, pada bagian mana yang belum jelas silahkan dikomentari, terimakasih

      Hapus
Lebih baru Lebih lama