November 7, 2015

Refleksi (Pencerminan)

Bercermin merupakan aktifitas keseharian yang sering kita lakukan. Pada aktifitas bercermin kita akan melihat bayangan kita di dalam cermin. Ketika kita berjalan di tepi sungai atau danau kita juga dapat melihat bayangan pohon-pohon di dalam sungai atau danau, hal ini juga merupakan pencerminan.

Mari kita perhatikan gambar berikut:
Sumber Gambar: https://www.mathsisfun.com

Setiap titik pada bayangan yang berada di danau dan benda aslinya mempunyai jarak yang sama ke garis tertentu, garis ini merupakan batas antara benda asli dan bayangannya. Garis ini dapat di ibaratkan sebagai cermin.
Untuk menjelaskan konsep pencerminan titik di bidang kartesius, kita dapat memanfaatkan GeoGebra sebagai media interaktifnya. Misal kita akan mensimulasikan pencerminan sebuah titik A terhadap garis $x$, maka kita dapt membuatnya seperti di bawah ini:


Cara membuatnya pun mudah, ikuti langkah berikut:
  1. Buat sebuah titik sebarang misal titik A
  2. Dari toolbar, pilih Reflect about Line, kemudian klik titik A dan sumbu $x$, maka titik A akan tercermin pada garis $x$. Tinggal menggerakkan titik A untuk melihat hasil pencerminan dan mengamati sifat-sifatnya.
  3. Dengan langkah yang sama, kita dapat membuat pencerminan terhadap sumbu $y$, garis $y=x$, garis $y=-x$, garis $y=h$, garis $y=-h$ dan lainnya dengan terlebih dahulu membuat garisnya sebagai cermin.
  4. Untuk mencerminkan sebuah obyek lain (misal garis, segitiga, lingkaran dan lainnya) langkahnya pun sama seperti mencerminkan titik, hanya saja yang diklik untuk dicerminkan adalah obyek yang akan dicerminkan tersebut.
  5. Untuk pencerminan sebuah obyek ruang (misal kubus), langkah yang dilakukan sama, namun kita dapat memilih pencerminan terhadap bidang.
    Contoh pencerminan kubus terhadap bidang:
Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment