May 18, 2016

Cara Membuat Bangun Balok Menggunakan GeoGebra

Fasilitas 3D (3 dimensi) pada GeoGebra memang sangat menarik untuk digunakan, khususnya untuk mengenalkan dan mempelajari materi matematika tentang bangun ruang. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas penggunaan GeoGebra untuk membuat bangun ruang berupa balok. Ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk membuat bangun ruang ini. Pada tulisan ini, akan dibahas teknik dasar pembuatan bangun ruang balok.

Untuk membuat bangun ruang balok, pertama siapkan lembar geogebra seperti berikut ini:


Pada lembar GeoGebra ini, buatlah alas dari balok dengan menggunakan fasilitas polygon. Misal seperti gambar di bawah ini:

Kemudian tampilkan lembar 3D, dan tutup lembar poligon tadi, sehingga tampilannya tampak seperti berikut:

Pada lembar 3D inilah kita akan membuat bangun ruang balok. Untuk membuat bangun ruang balok, dari tools 3D pilih menu  extrude to prism or cylinder, seperti tampak pada gambar berikut:

Kemudian klik alas balok yang telah dibuat dengan polygon sebelumnya, maka akan tampil dialog yang mengharuskan kita mengisikan tinggi dari balok yang akan dibuat. Silahkan isikan tinggi balok yang akan dibuat, pada contoh ini misal kita isikan 2.

Setelah diisikan tinggi balok, maka bangun ruang balok sudah terbentuk dan kita bisa lakukan modifikasi sesuai dengan keperluannya.

Itulah beberapa langkah dasar pembuatan bangun ruang balok menggunakan GeoGebra, agar lebih jelas saksikan tutorial videonya di bawah ini:



Demikian posting kali ini, untuk pembuatan bangun ruang balok dengan teknik lanjutan akan kita tuliskan pada postingan mendatang. Jadi, untuk para penggemar dan pengguna GeoGebra tetap kunjungi blog ini untuk mendapatkan tips dan tutorial menarik lainnya tentang GeoGebra dan pengembangannya.

Update tutorial teknik lanjutan membuat balok, simak pada video berikut:



0 comments:

Post a Comment