Membuat Grafik Fungsi Pertumbuhan

Salah satu manfaat dari fungsi eksponen adalah dapat digunakan sebagai alat untuk memperkirakan jumlah populasi di suatu tempat dalam bentuk sebuah fungsi pertumbuhan, misalnya pertumbuhan penduduk suatu daerah. Di GeoGebra fungsi pertumbuhan dapat dibuat dari data-data awal yang diketahui dengan menggunakan perintah khusus.

Perintah khusus untuk membuat fungsi pertumbuhan sekaligus grafiknya adalah "FitGrowth". Untuk memahami kegunaan perintah "FitGrowth", mari kita lakukan kegiatan berikut ini.


Pada tahun 2010 penduduk suattu daerah berjumlah sekitar 3,4 juta jiwa dengan pertumbuhan sekitar 1,5% per tahun, buatlah fungsi eksponen yang mewakili pertumbuhan penduduk di daerah tersebut beserta grafiknya!
Mula-mula siapkan tabel pertumbuhan penduduk dengan menggunakan spreadsheet di GeoGebra seperti gambar berikut:

Keterangan tabel:

  • Kolom A mewakili urutan tahun, dapat dimulai dari 1 atau 0, pada contoh ini kita mulai dari 0 untuk tahun awal.
  • Kolom B mewakili tahun, dan dibuat hingga tahun 2021.
  • Kolom C mewakili jumlah penduduk setiap tahunnya (dalam juta) dengan menambahkan jumlah penduduk sebelumnya dengan jumlah pertumbuhannya setiap tahunnya.
  • Kolom D mewakili koordinat titik yang merupakan pasangan antara urutan tahun dan jumlah penduduk pada tahun tersebut.
Buat list point dari kolom D sehingga diperoleh daftar list dengan nama list1. Ketikkan perintah ListGrowth[list1] pada menu input, maka grafik dan fungsi eksponen yang merupakan fungsi pertumbuhan dari masalah yang disajikan telah selesai dibuat.



Jika diselesaikan secara manual hasilnya adalah sebagai berikut:

Untuk lebih jelasnya simak vidio tutorialnya berikut ini:

Dengan melakukan kegiatan tersebut, kita dapat menyimpulkan kegunaan fungsi "FitGrowth" bukan?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama