October 11, 2014

Menggunakan GeoGebra untuk Melengkapi Teks Matematika di Office

GeoGebra memberikan kemudahan kepada user untuk membuat berbagai gambar/objek matematika dengan akurat, sehingga penggunaan GeoGebra untuk membuat gambar sebagai pelengkap teks matematika di Office dapat menjadi pertimbangan tersendiri. Office yang biasa digunakan untuk membuat teks matematika bisa saja word, excel maupun powerpoint. Kesemuanya dapat digunakan/suport untuk mengakomodir hasil dari GeoGebra.

Langkah awal yang perlu dipersiapkan adalah teks matematika dalam bentuk word, excel ataupun powerpoint yang akan dilengkapi dengan gambar (teks ini juga bisa menyusul sesuai dengan keperluan). Selanjutnya di GeoGebra disiapkan gambar apa yang akan dibuat sesuai dengan keperluan teks matematika tersebut. Misalnya akan membuat lingkaran seperti berikut ini:
Gbr. 1. Lingkaran yang dibuat dengan GeoGebra
Setelah lingkaran terbentuk, gambar yang akan disisipkan di office tersebut diseleksi dan pilih menu file. Selanjutnya dari menu file tersebut dipilih exsport sesuai dengan keperluan, bisa dalam format png atau eps. Untuk langsung menyisipkan (paste) di office bisa dipilih exsport Graphics View to Clipboard. Kemudian di office tinggal di paste dan diedit seperlunya (disesuaikan dengan keperluan). 
Gbr. 2. Exsport Graphics View to Clipboard




Untuk menambah pemahaman silahkan saksikan video berikut:






0 comments:

Post a Comment