December 6, 2015

Simulasi Nilai Pi Menggunakan GeoGebra

Pi atau dilambangkan dengan $\pi$ merupakan salah satu bilangan irrasional (bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam pembagian bulat) dalam matematika yang cukup terkenal. Bilangan ini merupakan konstanta yang diperoleh dari perbandingan antara keliling sebuah lingkaran dengan diameternya. Nilai $\pi$ dalam 20 tempat desimal adalah 3,14159265358979323846 serta dalam bentuk pecahan dinyatakan dengan $\frac{22}{7}$.

Situs wikipedia menyebutkan bahwa:
Pada abad ke-20 dan ke-21, para matematikawan dan ilmuan komputer menemukan pendekatan baru yang apabila digabungkan dengan daya komputasi komputer yang tinggi, mampu memperpanjang representasi desimal π sampai dengan lebih 10 triliun (1013) digit.Penerapan bilangan π dalam bidang sains pada umumnya tidak memerlukan lebih dari 40 digit desimal π, sehingga motivasi utama dari komputasi ini didasarkan pada keingintahuan manusia. Perhitungan ekstensif seperti ini juga digunakan untuk menguji kemampuan superkomputer dan algoritme perkalian presisi tinggi.
Penggunaan nilai $\pi$ banyak ditemukan dalam rumus matematika, fisika, tekhnik serta rumus lainnya yang biasanya berhubungan dengan lingkaran. Selanjutnya benarkah perbandingan keliling lingkaran dengan diameternya menghasilkan nilai $\pi$?

Kita dapat menggunakan GeoGebra untuk melihat simulasinya. Dengan lingkaran yang dikonstruksi dari dua titik berbeda (misal A dan B), kita dapat mengetahui hasil perbandingan antara keliling lingkaran dan diameternya secara bebas dengan hanya menggeser kedua titik tersebut secara acak.

File GeoGebra dapat diakses di: http://tube.geogebra.org/material/simple/id/2231073

Untuk mengetahui keliling lingkaran dapat menggunakan rumus "Circumference[ <Conic> ]", diameter dapat dicari dengan mengalikan dua dari jari-jarinya,. Jari-jari dicari dengan rumus "Radius[ <Conic> ]".

Selain cara di atas, kita juga dapat mencari di laman http://tube.geogebra.org/ dengan menggunakan kata kunci "pi".

0 comments:

Post a Comment